2 Tahun Susah Pentas, Seniman Barongan Pati Alih Profesi ‘Mbecak’

Pati, Mitrapost.com – Efek domino pandemi Covid-19 masih dirasakan pegiat kesenian di Kabupaten Pati. Salah satunya kelompok seni Barongan Pati Cipto Budoyo. Hingga fase new normal kelompok kesenian jawa tersebut masih susah melakukan pertunjukan.

Gito Pancing, Ketua Paguyuban Barongan Cipto Budoyo asal Kemiri, Sarirejo Pati Kota mengaku pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kelompoknya sulit mendapatkan izin pentas karena terbentur protokol physical distancing.

Namun bulan ini, ia mengaku senang mendapat permintaan dari Pemkab Pati untuk meruwat Alun-Alun Timur Kalidoro Pati yang baru diresmikan.

“Pandemi macet, sepi mulai pertama masih sepi. Ini baru berani karena ini ngayahi bupati, untuk pembukaan alun-alun baru. Untuk pasar pindahan supaya seger, kuwarasan nyambut gawe laris, sengkolo minggir,” kata Gito saat diwawancarai awak media disela-sela melakukan ruwatan.

Baca Juga :   Festival Muria Raya Desa Jepalo Hadirkan Banyak Kesenian

“Kalau dulu kita undangan sunatan, rewangan, ontang-anting, dan lainnya, untuk ngerauwat buat nyingker sengkolo masih bebas,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati