2 Tahun Pandemi Covid-19, Angka Kemiskinan di Pati Naik

Pati, Mitrapost.com – Angka Kemiskinan di Kabupaten Pati selama dua tahun ini mengalami peningkatan signifikan akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, angka presentase kemiskinan pada tahun 2020 mencapai 10,08 persen, sedangkan pada tahun 2021 mencapai 10,21 persen.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Pati, Anang Sarwoto. Ia mengungkapkan, bahwa meningkatnya angka kemiskinan ini dipengaruhi oleh dampak dari pandemi Covid-19.

“Pandemi ini tidak bisa dibatasi, apalagi ini berdampak kemana-mana, seperti ke pola konsumsi maupun pola ekonomi. Sehingga angka kemiskinan kita naik,” katanya kepada mitrapost.com saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Ia melanjutkan, peningkatan angka kemiskinan ini tidak hanya dialami oleh Kota Bumi Mina Tani saja, tapi juga dialami oleh semua daerah di Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, semua daerah juga mengalami kenaikan angka kemiskinan.

Baca Juga :   HUT Ke-59, Pramuka Pati Ikut Bantu Penanggulangan Covid-19 dan Bela Negara

“Ini semua terjadi bukan karena dampak penanganan yang kurang bagus. Tapi memang pandemi ini memukul segala sektor mulai dari perekonomian, lalu pola konsumsi masyarakat yang berubah disebabkan pendapatannya menurun,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati