Sejarah Kenapa Diperingati International Women’s Day pada 8 Maret

Mitrapost.com – Siapa yang tak pernah mendengar International Women’s Day (IWD) ? Sebuah peringatan Hari Perempuan Internasional yang kerap diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Selama lebih dari satu abad masyarakat seluruh dunia menandai 8 Maret sebagai hari istimewa bagi kaum hawa. Gerakan tersebut bermula dari gerakan buruh perempuan yang menyuarakan hak-haknya, sehingga momentum tersebut telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tahunnya.

Sejak tahun 1908, awalnya 15.000 perempuan berbaris melalui New York menuntut pemotongan jam operasi kerja, peningkatan gaji dan hak untuk memilih dalam berpolitik. Berangkat dari sana, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pertama pada 1909.

Seorang aktivis berideologi komunis, Clara Zetkin secara konsisten dan vokal menyuarakan hak-hak perempuan. Dirinya dengan lantang mengusulkan pembentukan hari besar internasional.

Baca Juga :   Pensiun Besar-besaran, Puluhan Formasi Kepala Sekolah di Pati Kosong

Ia memasukkan idenya ke Konferensi Internasional Wanita Pekerja di Kopenhagen, Denmark pada tahun 1910 bersama 100 perempuan barisannya yang berasal dari 17 negara. Seluruhnya menyetujuinya dengan suara bulat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati