Pendangkalan Sungai Jadi Penyebab Banjir di Kaliori dan Sumber

Rembang, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ menyampaikan, beberapa titik banjir di Kabupaten Rembang disebabkan adanya pendangkalan sungai yang dilalui air dari waduk Randugunting.

Pihaknya mengidentifikasi bahwa pendangkalan di aliran sungai tersebut mengakibatkan Kecamatan Kaliori dan Kecamatan Sumber dilanda banjir besar.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang berupaya melakukan normalisasi kawasan tersebut. Namun demikian, Pemkab Rembang tidak bisa langsung melakukan normalisasi. Pasalnya, sungai tersebut masuk wilayah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana.

“Karena masuk BBWS Pemali Juwana kami tidak bisa serta-merta (normalisasi). Per hari ini, kami layangkan izin normalisasi ke balai tersebut,” ungkapnya, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga :   Pembelajaran Selama Pandemi, Disdik Rembang Gunakan 3 Skema Pengajaran

Penyebab lain terjadinya banjir yaitu adanya beberapa titik drainase yang kurang optimal. Di beberapa titik, seperti Desa Megulung dan wilayah Sumber Timur, drainase tidak bisa menampung air dalam jumlah banyak. Akibatnya air luapan dari sawah menyebabkan banjir dan masuk ke jalan raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati