642,5 Hektare Lahan Padi di Pati Kebanjiran

Pati, Mitrapost.com – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Pati akibat puncak musim penghujan beberapa pekan terakhir berdampak kepada 642,5 hektare lahan pertanian di Kabupaten Pati.

Rukisih selaku Seksi Agribisnis Dinas Pertanian Kabupaten Pati mengatakan dari ratusan lahan tersebut 354 hektare diantaranya berisiko mengalami gagal tanam pada musim tanam padi gelombamg dua (MT-2) tahun ini.

Ia mengungkapkan bencana banjir mendampak pada sawah di lima kecamatan se-Kabupaten Pati diantaranya Kecamatan Kayen, Gabus, Jakenan, Pati, dan Juwana. Sementara kerugian tertinggi ditaksir dialami oleh para petani di Kecamatan Jakenan.

“Per 10 Maret ada 5 kecamatan, Kayen, Gabus, Jakenan, Pati dan Juwana. Secara globalnya itu banjir 642,5 hektar. tanam 354 hektar. Semua baru tanam. Tidak ada yang puso. Bisa gagal tanam kalau sudah terendam  sekitar seminggu, ” ujar Rukisih saat diwawancara Mitrapost.com di kantornya hari ini, Jumat (1/3/22).

Baca Juga :   News Grafis : Penggerak Pembangunan Pertanian

Sementara untuk tingkat kerugian materiil nilainya belum pasti mengingat banjir yang melanda Pati pekan ini dikategorikan sebagai banjir bandang atau dadakan yang cepat surut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati