Harga Gabah Pati Berada di Atas HPP

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati saat ini sudah berada di puncak panen musim tanam pertama (MT-1). Terpantau harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani pekan ini berada di harga tertinggi Rp 45 ribu per kilogram dan terendah Rp 43 ribu per kilogram. Harga tersebut termasuk tinggi karena masih di atas rata-rata Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

“Alhamdulillah masih bagus diatas HPP pemerintah. Masih kisaran Rp43 45 ribu HPP GKP Rp 40.060, untuk minggu-minggu ini, Pati mayoritas tebasan jadi tidak dibawa ke rumah, petani langsung dapat uang di tempat,” hal ini diterangkan oleh Rusmilah, Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian Dispertan Pati saat ditemui di kantornya.

Baca Juga :   Petani di Pati Selatan Beranikan Diri Tanam Padi Saat Musim Kemarau

Dijelaskan, tingginya harga gabah disebabkan karena masih ada sinar matahari saat musim panen, hal ini membuat kadar air dalam gabah bisa berada di bawah 26 persen, atau sudah sesuai dengan ambang standar kadar air dari pemerintah 25 persen.

Kandungan kadar air pada gabah yang pas memengaruhi keberhasilan proses giling gabah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati