Harga Kepokmas Merangkak Naik Jelang Ramadan, Ini Tanggapan Dewan

“Kepokmas dari pabrikan seperti minyak goreng, gula, terigu dan yang lainnya sebenarnya lebih mudah pengendaliannya, karena sumber pasokannya kan sudah jelas,” ujarnya kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Ia menegaskan salah satu sebab kenaikan harga yakni meningkatnya permintaan konsumen, kenaikan biaya distribusi, dan psikologi pasar menjelang bulan suci Ramadan. Indikasinya, sebulan menjelang bulan suci ini harga Kepokmas di pasar tradisional sudah mengalami kenaikan.

“Saya harap pemerintah juga mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok serta menjaga ketersediaan dan distribusi dengan menugaskan BUMN dan melaksanakan operasi pasar, sehingga harga masih bisa terkendali dan terjangkau oleh masyarakat,” tegasnya.

Sebagai informasi, jika kembali ke hukum ekonomi, harga memang akan naik ketika permintaan yakni kebutuhan masyarakat lebih tinggi daripada penawaran. Maka, ada dua pihak yang berperan penting di sini, yaitu peran masyarakat dari sisi permintaan dan peran pemerintah dari sisi penawaran. (*)