oleh

DPRD Pati: Pengalihan Sepeda Motor BBM ke Listrik Jadi Langkah Maju dari Pemerintah

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M Nur Sukarno mengatakan pengalihan energi fosil ke energi baru terbarukan merupakan keniscayaan.

Hal ini merupakan langkah maju dan terobosan yang perlu diapresiasi, karena energi fosil termasuk Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin berkurang dan hasil pembakarannya menimbulkan polusi.

“Konversi sepeda motor dari energi BBM ke listrik merupakan langkah antisipatif sebelum energi fosil mengalami kelangkaan,” ucapnya kepada Mitrapost.com melalui pesan singkat, Kamis (24/3/2022).

Ia melanjutkan konversi tersebut diharapkan lebih efektif dan efisien karena Indonesia mempunyai bahan baku pendukung untuk pembuatan battery. Teknologi untuk menuju sepeda motor berenergi listrik atau lebih familiar dengan sebutan motor listrik.

Baca Juga :   Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Dinkop UMKM Pati Gelar Workshop E-Commerce

“Harus di persiapkan sarana pendukung seperti semacam pom bensin atau charge listrik yg cepat dan harganya terjangkau oleh masyarakat,” pungkasnya.

Ia menegaskan suku cadang motor listrik juga perlu diantisipasi, supaya mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Karena sumber energi dari listrik, PLN perlu juga menyiapkan diri berkaitan dengan pasokan listriknya dan harganya jangan dinaikan pada saat konversi sudah berjalan.

“Semua unsur pendukung harus benar-benar dipersiapkan dari pemerintah, agar tidak menjadi bumerang buat kita semua nantinya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bersama PT PLN (Persero) menggelar parade motor listrik untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan energi yang bersih dan efisien. (*)

Baca Juga :   Kecelakaan Maut Tewaskan 5 Orang, Diduga Sopir Mengantuk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral