Diperingati Sebagai Hari Nelayan Nasional pada 6 April, Berikut Maknanya

Mitrapost.com – Setiap tahun tepat pada 6 April, nelayan di seluruh Indonesia memperingati Hari Nelayan Nasional. Bahkan perayaan itu telah diresmikan Pemerintah Republik Indonesia untuk mengapresiasi jasa-jasa para nelayan.

Hari Nelayan Nasional merupakan tradisi yang diperingati secara turun-temurun.

Namun banyak dari kita yang tak mengerti sejarah peringatan Hari Nelayan Nasional. Maka dari itu, artikel ini akan menyajikan ulasan makna peringatan Hari Nelayan Nasional.

Sejarah Hari Nelayan

Hari Nelayan Nasional diperingati tanggal 6 April 2022 mendatang. Melansir dari situs Indonesia Baik oleh Kominfo, peringatan Hari Nelayan Nasional ditetapkan sejak tahun 1960 pada era pemerintahan Orde Baru.

Hari Nelayan Nasional diperingati untuk mengapresiasi nelayan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia serta sebagai penyokong ketahanan pangan nasional.

Baca Juga :   Lima Sekolah di Pati Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

Mengutip situs Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), para nelayan juga sering singgah dan menginap di pulau-pulau terluar saat berlayar mencari ikan. Mereka bertugas sebagai penjaga garis pantai terluar Indonesia, serta pemberi informasi terhadap kegiatan illegal fishing di perairan Indonesia.

Tujuan Peringatan Hari Nelayan Nasional

Nelayan Indonesia merupakan aset negara yang berperan menunjang perekonomian nasional.
Hari Nelayan Nasional memiliki berbagai tujuan peringatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati