Cak Imin Sebut Malaysia Sering Klaim Budaya Indonesia

Jakarta, Mitrapost.com – Baru-baru ini ada kabar yang menyatakan Malaysia mengajukan kesenian Reog menjadi warisan budaya Negeri Jiran ke UNESCO. Namun, klaim tersebut secara seketika mendapat hadangan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar.

Ia menyatakan, Malaysia tidak boleh asal klaim budaya asli Indonesia seperti Reog. Apalagi negeri serumpun itu sering mengklaim budaya Indonesia sebagai budayanya.

“Upaya klaim Malaysia mau mengajukan Reog harus dihadang. Tidak boleh Malaysia mengklaim Reog karena ini memang asli budaya kita. Kasus ini sebenarnya sering terjadi, saya kira pemerintah harus lebih tegas lagi,” tegas pria yang akrab disapa Cak Imin pada Rabu (6/4/2022).

Baca Juga :   Badai Covid Menerpa Skuad Malaysia

Ia pun mendesak pemerintah untuk segera menginventarisir dan menetapkan klasifikasi budaya asli Indonesia. Menurutnya, langkah sangat penting dilakukan agar klaim negara lain tidak lagi terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati