oleh

Libatkan Peran Disabilitas, Bawaslu Pati Jalin MoU dengan Dua Organisasi Disabilitas

Pati, Mitrapost.com – Dalam agenda pelibatan peran serta masyarakat penyandang Disabilitas. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati telah menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua organisasi disabilitas di Kabupaten Pati.

Kepala Bawaslu Kabupaten Pati, Ahmadi mengaku pihaknya telah melibatkan organisasi Disabilitas Mandiri dan Organisasi Disabilitas Tiga Roda.

“Sampai saat ini, disabilitas yang sudah MoU dengan kita itu ada dua. Disabilitas Mandiri dan Tiga Roda namanya,” ujarnya saat ditemui oleh tim Mitrapost.com Selasa, (5/4/2022).

Ia juga menambahkan bahwa disabilitas yang dilibatkan yakni penyandang Tuna Daksa. Yang secara pemikiran dan kesehatan dianggap mampu dalam berperan untuk melakukan pengawasan.

“Ya ini khusus untuk tuna daksa, atau mohon maaf yang mengalami kekurangan badan anggota badan. Sehingga untuk pemikiran dan kesehatan itu kami anggap masih mampu untuk mengawasi,” imbuh Ahmadi.

Sebagai informasi Tuna Daksa yang dimaksud adalah kondisi dimana seseorang mengalami kelainan atau kecacatan pada sistem otot, persendian dan tulang.

Ahmadi menyampaikan bahwa selama ini, mereka akan dilibatkan sebagai pengawas partisipatif.

Pihaknya mengaku bahwa selama ini, bentuk kerja sama yang sudah diberikan adalah dengan memberikan sosialisasi perihal sistem pengawasan dan pelaporan pelanggaran pemilu.

“Nah, mereka nantinya akan kita libatkan untuk menjadi pengawas partisipatif. Penekanan selama ini adalah pemberian sosialisasi pelaporan, jika terjadi pelanggaran di lapangan yang tidak sesuai dengan peraturan pemilu yang berlaku,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berencana untuk melibatkan kembali kelompok-kelompok disabilitas lain dalam peran pengawasan partisipasi pemilu nantinya.

“Untuk sementara memang baru dua itu, tapi kita tetap mempunyai rencana agar bisa mencakup organisasi Disabilitas lainnya juga,” tegasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral