Hari Ini, Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu

Mitrapost.com – Hari ini, Selasa (12/4/2022), presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik anggota komisi pemilihan umum (KPU) dan badan pengawas pemilu (Bawaslu).

Acara pelantikan untuk tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu periode 2022-2027, berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan ini berdasarkan Keppres Nomor 33/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum serta Keputusan Presiden RI Nomor 34/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 21 Maret 2022.

“Bahwa saya dalam jalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat, demi suksesnya pemilihan umum anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta DPRD,” ucap Jokowi memimpin sumpah para anggota KPU dan Bawaslu.

Baca Juga :   G20 Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi CO2

Adapun nama anggota KPU masa jabatan 2022-2027 yang dilantik oleh Presiden Jokowi adalah sebagai berikut:

  1. Betty Epsilon Idroos
    2. Hasyim Asy’ari
    3. Mochammad Afifuddin
    4. Parsadaan Harahap
    5. Yulianto Sudrajat
    6. Idham Holik
    7. August Mellaz

Sedangkan anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027 yang dilantik oleh adalah sebagai berikut:|

  1. Lolly Suhenty
    2. Puadi
    3. Rahmat Bagja
    4. Totok Hariyono
    5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

Dalam pelantikan tersebut, juga turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*)