Kesetaraan Gender Masih Perlu Diperjuangankan

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah mengungkapkan bahwa kesetaraan gender di Indonesia masih perlu diperjuangkan.

Menurutnya, kesetaraan gender masih terbelenggu oleh kultur Jawa dahulu. Seperti perempuan dianggap sebagai ‘konco wingking’ (teman belakang).

“Sebetulnya peran perempuan pada masa kerajaan dulu sudah luar biasa, banyak yang sudah menjadi ratu, seperti Ratu Kaliyamat. Tetapi dengan datangnya penjajah, maka none Belanda menjadi teman belakangnya pejabat-pejabat yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Ia melanjutkan, perempuan yang ikut berpolitik harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih dari laki-laki. Sehingga fungsi politiknya bisa optimal. Oleh karena itu, perempuan harus bisa berpikir secara lebih luas.

Baca Juga :   Sambangi Kaliori, Endro Dwi Cahyono Suarakan Kesetaraan Gender

“Ketika peran di domestiknya sudah bisa dibagi dengan peran publik. Baik sebagai aktivis organisasi, kemudian aktivis di politik. Menurut saya, peran perempuan di politik sangat penting. Apalagi jabatan publik masih dominan oleh laki-laki,” sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati