Pengunjung Wisata di Pati Melonjak Naik Saat Lebaran

Pati, Mitrapost.com – Pengunjung tempat wisata di Kabupaten Pati melonjak naik saat hari raya Idul Fitri 1443. Hal tersebut karena pemerintah pusat telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati, Ida Istiana. Ia mengatakan, antusiasme masyarakat untuk berwisata jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Terlebih Pemerintah Pusat 2 tahun terakhir melarang mudik.
“Ini karena liburan panjang. Selain itu, antusiasme masyarakat termasuk yang dari luar kota juga meningkat, setelah lama tidak mudik,” ungkap Ida Istiani belum lama ini.

Ia melanjutkan, kalau terjadi kenaikan pengunjung di beberapa objek wisata yang terjadi pada awal bulan Mei. Yakni pada tanggal 1 Mei 2022 tercatat jumlah yang datang berkunjung ke tempat wisata di Pati sudah mencapai 2.394 pengunjung. Sedangkan pada tanggal 2 Mei 2022 mencapai 1.309 pengunjung dan pada 3 Mei mencapai 2.701 pengunjung.
Selain itu, kenaikan terjadi di hari ketiga lebaran. Capaian wisatawan pada 4 Mei sebanyak 5.846. Pada tanggal 5 Mei sebanyak 6.616 pengunjung dan pada tanggal 6 Mei sebanyak 6.789 pengunjung yang berkunjung ke beberapa tempat wisata.
Menurut penggelola objek Wisata Gunung Rowo, Muhammad Kasdu Syirad menjelaskan, dari mulai hari pertama lebaran wisatawan sudah banyak yang berkunjung, mulai dari pengunjung dewasa hingga anak-anak.
“Mulai lebaran pertama ada sekitar 200 pengunjung, kemudian hari kedua 350, bahkan di hari ketiga hingga sampai 500 pengunjung lebih. Jadi semakin hari semakin bertambah,” jelasnya.
Ia menambahkan, kalau dari tahun ke tahun, pengunjung di objek Wisata Gunung Rowo saat lebaran tahun ini mengalami lonjakan yang cukup dratis. Pasalnya, pemerintah pusat telah memperbolehkan mudik.
“Saat hari biasa hanya sekitar 50 hingga 100 pengunjung saja. Itu saja saat liburan atau hari sabtu dan minggu. Sedangkan hari bisa tidak bisa diperkirakan. Kalau bulan puasa tambah sepi lagi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Dinporapar Tunggu SE Bupati Terkait Pembukaan Objek Wisata

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati