Pesona Desa Menari di Jawa Tengah

Kang Tresno menjelaskan, kata Desa Menari secara sempit memang diambil dari kata tari. Sebab, kegiatan tari merupakan aktivitas yang telah dilakoni warga desa secara turun-temurun.

“Secara sempit (kata Menari) secara turun temurun di Desa Tanon ini adalah pelestari tari rakyat. Secara lebih luas, kata ‘Menari’ adalah akronim dari menebar harmoni, merajut inspirasi, menuai memori,” jelasnya.

Desa Menari memiliki konsep laboratorium sosial dalam pengembangan wisatanya. Yakni, bergerak di ranah konservasi, yaitu konservasi masyarakat, dolanan tradisional dan kesenian lokal.

Konsep laboratorium sosial itu kemudian dikemas, menjadi aktivitas wisata, dengan beberapa paket wisata. Misalnya, paket outbond desa, paket sinau urip desa, paket wisata jeda hidup, dan lainnya.

Baca Juga :   Pagar Seng Pasar Johar Dibongkar, Diharapkan Mudahkan Aktivitas Jual Beli

Paket wisata itu, beber Kang Tresno, berdasarkan pada aktivitas masyarakat desa. Seperti kegiatan belajar merumput, belajar memberi makan sapi, memeras susu sapi, hingga mengolah susu sapi. Ada pula mengolah lahan pertanian sampai panen, dolanan tradisional serta kesenian yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati