Desa Mojowarno jadi Percontohan Smart Village di Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Wakil Bupati Rembang, Mochammad Hanies Cholil Barro’ berkunjung ke Kantor Desa Mojowarno Kecamatan Kaliori, Senin (23/5/2022).

Perlu diinformasikan, Mojowarno merupakan smart village atau desa pintar yang ada di Kabupaten Rembang.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Gus Hanies mendengar penjelasan admin Sistem Informasi Desa (SID), Fahrurrohim tentang penerapan sistem informasi desa Mojowarno.

Ia juga memaparkan anjungan Desa Mandiri yang dibeli dari APBDes tahun 2022 yang bisa digunakan warga desa setempat untuk mengurus berbagai pelayanan dan layanan chatbot 24 jam melalui aplikasi Telegram.

Fahrurrohim menjelaskan konsep smart village Mojowarno ini lebih ke mengemas website mojowarno-rembang.desa.id yang menggunakan domain dari Dinkominfo Kabupaten Rembang menjadi sistem informasi yang ideal sesuai apa yang diharapkan oleh Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDTT).

Baca Juga :   Ingatkan Budaya, Tongtongklek di Rembang Usung Nuansa Tradisional

Di dalam web tersebut Pemerintah Desa menyajikan informasi tentang laporan keuangan, pembangunan, data statistik dan berbagai macam informasi desa lainnya.

Selain itu, warga desa juga bisa mengakses layanan secara mandiri melalui Anjungan Desa Mandiri memakai anggaran APBDes tahun 2022.

Anjungan mandiri ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang bisa diberikan. Selain pelayanan itu sendiri, anjungan mandiri bisa dimanfaatkan warga untuk mengecek bantuan sosial warga, mengecek kartu KIS PBI, informasi keuangan desa, progres pembangunan di desa serta informasi lainnya yang dibutuhkan oleh warga termasuk mengurus surat pengantar akan menikah, surat pengantar untuk usaha, atau surat domisili sampai aduan warga.

“Warga bisa menggunakan Anjungan Desa Mandiri memakai KTP Elektronik. Dari rumah juga bisa, memakai mobile app, atau pakai google itu juga bisa tanpa harus datang, jadi layanan 24 jam sudah terlayani , begitu datang ke desa langsung tinggal ambil surat,” jelasnya.

Baca Juga :   Kamar Selir di Museum Kartini Masih Dipertimbangkan Jadi Destinasi Wisata

Tiap hari rata-rata yang mengakses web mojowarno-rembang.desa.id ada 1000 viewer.

Setelah melihat langsung layanan yang diberikan Pemdes Mojowarno kepada warganya, Wabup sangat mengapresiasi.

“Nanti kalau ini benar-benar jalan , sistemnya udah oke, efeknya sudah kemana-mana. Karena digitalisasi ini merupakan suatu kebutuhan mutlak dan harus kita lakukan terutama dalam pelayanan,” ungkapnya.

Dirinya berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa mendorong agar smart village Mojowarno ini ditiru Pemdes lainnya.

“Mulai dulu dari Kaliori, yang palimg dekat sini seperti Desa Tambakagung, Dresi Kulon dan Sambiyan. Tiga desa terdekat ini bisa mencontoh terlebih dulu,” imbuhnya.

Menurutnya jika biaya yang dikeluarkan untuk keperluan Mojowarno Smart Village besar. Namun semua itu terbayarkan dengan manfaat yang didapatkan oleh warga dan Pemdes itu sendiri.

Baca Juga :   Dua Belas Titik Pembangunan Tercantum RPJMD Rembang

Pemdes Mojowarno mengeluarkan anggaran sekitar Rp1 juta per tahun. Sedangkan untuk biaya pembelian anjungan desa mandiri sebesar Rp 12 juta. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati