Pancaroba, Dinkes Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Mata dan ISPA

Sebagai informasi, penyakit ISPA menyerang salah satu bagian dan atau lebih dari saluran napas mulai dari hidung hingga alveoli termasuk jaringan adneksa, seperti sinus, rongga telinga tengah, dan pleura.

Penyakit ini sering kali menyerang anak-anak, yang masih memiliki sistem imun yang masih rendah. Balita di Indonesia diperkirakan mengalami batuk pilek tiga hingga enam kali per tahun.

“Lansia juga rentan terserang ISPA,” imbuhnya.

Dikatakan, ISPA dan belekan dapat dicegah dengan kekebalan tubuh yang bagus. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan gizi bagus, imun tubuh kuat atau terbentuk kekebalan tubuh,” tegasnya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Temanggung Taryumi mengatakan, belekan dapat disebabkan virus, bakteri, alergi, hingga masuknya zat asing ke mata.

Baca Juga :   Korban Hanyut Terserat Banjir Lahar Hujan Merapi Ditemukan

Dikatakan, sakit mata menular karena penderita sakit mata menyentuh matanya sendiri, kemudian bersentuhan dengan orang lain. Akibatnya ada infeksi virus atau bakteri yang akan dengan cepat berpindah ke orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati