6 Juni Hari Lahir Bung Karno, Berikut Kenangan Sang Proklamator

Surabaya, Mitrapost.com – Bapak Proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno lahir 6 Juni 1901 di Kota Surabaya. Hari kelahiran putra sang fajar itu sejak era reformasi kerap diperingati dengan berbagai cara, bahkan Juni kemudian ditetapkan sebagai Bulan Bung Karno.

Biografi Soekarno

Soekarno lahir dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dari Probolinggo, Jawa Timur dan sang ibu, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben berasal dari Singaraja, Bali.

Soekarno sempat belajar di sekolah dasar milik Belanda hingga kelas lima. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Europeesche Lagere School (ELS), sekolah Eropa berbahasa Belanda di Surabaya.

Pada 1915. Soekarno masuk Hoogere Burger School dan berhasil menyelesaikan HBS dalam 5 tahun saja. Semasa di HBS, ia tinggal dengan gurunya, HOS Tjokroaminoto yang juga Ketua Sarekat Islam.

Baca Juga :   Jateng Siapkan Skenario Sekolah Secara Tatap Muka

Bergurunya Soekarno ke Tjokroaminoto menjadi gerbang perkenalan dirinya dengan politik. Ia pun kenal dengan sejumlah tokoh senior pergerakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati