Bupati Pati Kembali Ingatkan Penanganan Stunting Harus Tepat Sasaran 

Pati, Mitrapost.com – Dalam agenda pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pati yang berlangsung di Pendopo Kantor Bupati pada Senin, (6/6/2022), Haryanto menyampaikan berbagai harapan untuk tim tersebut.

Ia menyampaikan meskipun sempat terkendala adanya pandemi Covid-19, dalam menjalankan program penurunan stunting, pihaknya tetap berharap agar tim TPPS bisa lebih fokus dengan memberikan program secara tepat sasaran.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan sasaran tersebut diantaranya ditujukan kepada calon pengantin, Ibu hamil (Bumil) dan menyusui serta pasca melahirkan. Selain itu, juga berkaitan dengan pemberian cek status gizi pada Batuta atau pun balita secara komprehensif.

“Setelah dua tahun kita ada pandemi, pada tahun ini meskipun tidak sepenuhnya bebas. Tapi agenda penanganan stunting bisa kembali dilakukan. Kami berharap untuk programnya bisa fokus dan tepat pada sasarannya. Sehingga tidak sia-sia nantinya,” ujar Haryanto saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan TPPS, Senin (6/6/2022).

Baca Juga :   Nahkodai PMI Pati 3 Periode, Haryanto: Saya Ndak Pernah 'Bawa Duit'

Ia juga berharap kepada instansi kesehatan dan instansi lainnya tidak hanya terfokus pada vaksinasi saja. Melainkan stunting juga harus mendapatkan perhatian khusus.

Haryanto juga menyampaikan perihal penting verifikasi dan validasi perkembangan stunting. Sinkronisasi data antara Badan Pusat Statistik (BPS) dengan data lainnya perlu dikomunikasikan.

Hal demikian dilakukan dalam rangka agar secara publikasi tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Dalam sambutannya, Ia juga menyebutkan dengan dibentuknya Tim Pendampingan Keluarga (TPK) sebanyak 3060 kader, nantinya dapat menjalankan strategi program yang diharapkan dari TPPS Kabupaten Pati.

“Menyoal stunting dengan kondisi yang disampaikan tadi juga perlu mendapatkan perhatian lebih. Kalau tadi ada verval maka ini juga harus sinkron. Untuk kader sejumlah 3060 semoga tetap semangat kedepanny,” pungkas Haryanto. (*)

Baca Juga :   Satlantas Polres Pati Akan Dirikan 4 Posko Pengamanan Mudik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral