Jateng Buka Posko Amankan Penyebaran Wabah PMK

Semarang, Mitrapost.com – Pemerintah provinsi Jawa Tengah membuka posko untuk mengamankan penyebaran wabah penyakit kuku dan mulut (PMK). Hal ini diungkapkan oleh gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Adapun tujuan dari dibukanya posko ini adalah untuk memudahkan pengamanan wabah PMK. Selain posko, juga digerakkan Jogo Ternak.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan), terdapat sebanyak 264 ekor hewan ternak yang teridentifikasi positif PMK. Sedangkan total keseluruhan hewan ternak di Jateng adalah sebanyak 8.286.534 ekor, dengan nilai Rp43,749 triliun.

“Ini ternak terduga suspek dari beberapa daerah kita komunikasi juga dengan Jawa Timur, kita juga lihat data di Aceh, di NTB itu ternyata tinggi tinggi dan kita posisinya di bawah 10ribu ya, ada 8 ribuan,” kata Ganjar, ditemui seusai menyerahkan SK Gubernur tentang Pengangkatan PPPK Pemprov Jateng dan Penandatanganan Pakta Integritas PPPK Pemprov Jateng Formasi Tahun 2021, di Grhadhika Bhakti Praja, Senin (6/6/2022).