oleh

Ternyata Ini Pengaruh Makanan Terhadap Perilaku Manusia dalam Islam

Mitrapost.com – Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk mengonsumsi makanan yang halal dan toyyib. Hal ini tentu wajib dilaksanakan manusia sebagai bentuk keimanannya kepada Allah SWT.

Bagi umat Islam yang melanggar hal ini, maka ada hukuman yang telah ditetapkan Allah kepadanya. Sebagaimana yang termuat dalam hadist berikut ini.

“Setiap tubuh yang tumbuh dari (makanan) yang haram, maka api neraka lebih utama baginya (lebih layak membakarnya),” (HR. At-Thabrani).

Namun terlepas dari hal tersebut, makanan ternyata berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Makanan yang halal akan membawa pengaruh baik bagi yang memakannya. Begitu pula sebaliknya, makanan haram dapat membuat manusia memiliki sifat yang buruk.

Baca Juga :   Aneka Tanaman Hias Sebagai Pembersih Udara dalam Ruangan

Dilansir dari laman MUI, apabila ditinjau dari zoologi, pengaruh makanan terhadap watak dan perilaku  secara sederhana dapat dilihat pada hewan.

Hewan karnivora seperti singa, harimau, dan lainnya cenderung memiliki perilaku buas, agresif, suka menyerang, dan membahayakan. Hal ini karena ia memakan hewan lain.

Sedangkan hewan herbivora seperti sapi dan kambing, yang memakan tumbuh-tumbuhan memiliki sifat yang relatif lebih jinak, dan tidak membahayakan.

Hal ini tentu membuat kita menjadi memahami bahwa Allah SWT melarang sesuatu dimakan tentu memiliki alasan yang ditujukan untuk kebaikan manusia itu sendiri.

Karena sejatinya, makanan yang dimakan manusia akan menumbuhkan darah dan daging. Kita adalah apa yang kita makan. Oleh karena itu, manusia diwajibkan memakan makanan yang halal. Sebagaimana yang termuat dalam ayat berikut ini.

Baca Juga :   Diet Batu Ginjal, Hindari Pantangan Berikut

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.” (QS. Al-Maa’idah: 3).

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah,” (QS. Al-Baqarah: 173).

Semoga dengan mengetahui hal ini, kita bisa terhindar dari hal-hal yang diharamkan, dan terjaga perilaku dan akhlak kita dari hal-hal yang buruk. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral