Dampak PMK, Harga Kambing di Pati Meningkat 20 Persen

Pati, Mitrapost.com – Jelang hari raya Iduladha 2022, harga penjualan ternak kambing dan domba di Kabupaten Pati meningkat. Fenomena ini menurut pedagang juga dipengaruhi karena adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Paguyuban Peternak Domba dan Kambing Pati, Udhi Harsilo Nugroho.

Selain itu, masyarakat tahun ini lebih berminat kurban dengan kambing karena dinilai tingkat paparan virus PMK lebih rendah dibandingkan sapi.

Belum lagi untuk menjual sapi di bulan-bulan ini juga tidak semudah tahun yang lalu. Pasalnya, sapi yang akan dikurbankan harus mendapatkan surat keterangan sehat dari pemerintah.

“Alhamdulillah ini menjadi berkah bagi peternak domba dan kambing. Antusiasme masyarakat cenderung ke arab domba dan kambing.Mereka mau beli sapi was-was kalau kena PMK,” terang Udhi kepada Mitrapst.com saat diwawancara kemarin.

Baca Juga :   Pemkab Pati Rencanakan Akan Tarik Retribusi di 2 Tempat

Menurutnya, kenaikan harga kambing ini mulai terasa sejak Bulan Mei yang lalu. Sebut Udhi, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, kini terjadi peningkatan harga jual 10-20 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati