Ketersediaan Ternak di Pati Surplus Hingga Akhir Tahun

“Kita masih surplus. Kita kebutuhan paling-paling berapa persennya. Tahun kemarin itu sekitar 2.472 ekor kita ketersediaan 21.834. Tahun ini kita perkirakan 2.700-an masih sangat cukup. Tahun 2021 kambing 12 ribu populasi siap dipotong 37.000 kita diskusikan kan tahun ini butuh 13 ribu masih cukup,” ungkap Andi saat ditemui di kantornya kemarin.

Untuk surplus produksi ternak di Pati biasanya akan dijual ke luar Provinsi khususnya Jawa Barat dan Jakarta.

Adanya wabah PMK, menurut Andi juga tidak terlalu berdampak dengan operasional pendistribusian atau jual beli kambing dan sapi ke luar daerah. Permintaannya juga masih stabil.

Hanya saja diakuinya dalam beberapa bulan terakhir, Pemerintah Provinsi lain lebih berhati-hati terhadap penerimaan hewan ternak dari Pati. Pemeriksaan kesehatan hewan di sejumlah wilayah makin diperketat.

Baca Juga :   Atlet Disabilitas Pati Ikuti Seleksi Jelang Peparnas 2021 di Papua

Untuk mengakomodir para pengusaha ternak yang akan menjual ternaknya keluar daerah, Pemkab Pati telah memfasilitasi penerbitan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Selain itu koordinasi antara Dinas Pertanian lintas daerah juga terus digencarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati