oleh

Peluang Pati Masuk Episode Endemi di Hari Kemerdekaan

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Peralihan Pandemi Covid-19 menjadi endemi di depan mata. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pati, Joko Leksono menyebut Kabupaten Pati berpeluang untuk beralih episode endemi di tanggal 17 Agustus mendatang.

“Kemarin dari ketua Gugus katanya belum ada skenario. Tapi sudah ada info meskipun belum ada surat edaran nanti pada momen 17 Agustus dipakai untuk momen HUT kemerdekaan sekaligus titik nadir dari pandemi ke endemi,” ujar pria yang juga menjabat menjadi tim Gugus Covid-19 Kabupaten Pati saat ditemui di kantornya kemarin.

Joko menyebut, tren kasus Covid-19 di Jawa tengah dalam beberapa bulan terakhir cukup menunjukkan tren yang positif, ditunjukkan dengan turunnya PPKM level satu bagi seluruh kabupaten/kota.

Baca Juga :   Video : Larangan Mudik, Pati Tak Dirikan Posko Penyekatan

Ditambah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga belum lama ini memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan.

Meski demikian, menurutnya lonjakan kasus yang spontan masih perlu diwaspadai, lantaran virus varian Omicron masih bermutasi.

“Skenario nasionalnya begitu. tapi sebetulnya bagi kita pandemi atau endemi tergantung dari kondisi harian kasus di Jateng. Kalau meningkat kita tidak bisa endemi, karena dari WHO ada hitungannya,” terangnya.

Joko mengaku, pemerintah Kabupaten Pati hingga saat ini juga belum menyiapkan skenario khusus untuk menyambut peralihan pandemi ke endemi Covid-19. Yang jelas, berbagai tugas pokok seperti vaksinasi dan tracing masih terus dilakukan.

Namun dapat dipastikan, saat endemi nanti protokol kesehatan masih belum bisa dilepaskan 100 persen, khususnya untuk pemakaian masker.

Baca Juga :   Pati Raup Rp97 Juta dari Denda Pelanggar Protokol Kesehatan

“Meskipun normal tapi saya pikir yang namanya masker, Prokes ini masih lah, kalau dilonggarkan bisa-bisa malah kasus naik walaupun tidak seganas 2021. Kalau endemi masih pakai masker ya boleh saja” tandas dia. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar