18 WNI Tewas, Tahanan Imigrasi Malaysia Disebut Seperti Neraka

Mitrapost.com – Sebanyak 18 warga negara Indonesia (WNI) meninggal ketika menunggu proses deportasi di tahanan imigrasi Pemerintah Malaysia di Sabah.

Dilansir dari Detik News, laporan Tim Pencari Fakta Koalisi Buruh Migran Berdaulat mengatakan tahanan imigrasi pemerintah Malaysia digambarkan seperti neraka. Banyak mereka yang disana meninggal.

“Dari seluruh pemantauan yang kami lakukan selama dua tahun terakhir, temuan yang paling mengerikan adalah tingginya akan kematian di dalam pusat tahanan imigrasi yang dialami oleh buruh migran asal Indonesia dan keluarganya,” demikian bunyi hasil TPF Koalisi Buruh Migran Berdaulat yang dikutip detikcom, Senin (27/6/2022).

Laporan tersebut diterbirkan minggu lalu, adapun yang bergabung dengan TPF diantaranya Solidaritas Perempuan (SP) Jakarta, Perpustakaan Jalanan Nunukan, Solidaritas Perempuan Anging Mammiri (SP AM) MakassarBernafasbaik Makassar, Lembaga Informasi Perburuhan Sedane (LIPS) Bogor, LBH Bandung, Perkumpulan Penggiat Kesehatan Masyarakat (SAFETY) Bandung.