oleh

Sering Terjadi Puting Beliung, BPBD Pati Sampaikan Antisipasi Kerugian

Pati, Mitrapost.com – Sering terjadinya angin puting beliung di wilayah Kabupaten Pati pada saat pergantian musim tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati sampaikan beberapa antisipasi yang dapat dilakukan guna mengurangi risiko kerugian akibat angin tersebut.

Melalui Kepala BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetyo mengimbau agar masyarakat bisa melakukan salah cara yakni dengan melakukan penanaman pohon bambu.

Pihaknya menyebutkan bahwa pohon bambu yang bersifat lentur, disinyalir dapat mereduksi kencangnya angin puting beliung.

Sehingga hal tersebut dapat menekan kerugian atau kerusakan yang terjadi akibat terjangan puting beliung.

“Jadi upaya yang bisa dilakukan secara sederhana salah satunya yakni dengan menanam tanaman bambu. Karena bambu inikan lentur, mungkin tidak bisa menghilangkan tapi setidaknya hal tersebut bisa mengurangi tingkat risiko kerugian yang dihasilkan,” terangnya saat ditemui oleh tim mitrapost.com pada Senin, (27/6/2022).

Baca Juga :   Update Covid-19 di Pati, 5 Pasien Dinyatakan Positif

Diketahui kasus puting beliung yang terakhir terjadi yakni di Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus yang menerjang sebanyak 4 rumah dan 2 fasilitas umum dengan kerugian materi diperkirakan Rp 5-10 juta.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk selalu kenali cuaca. Jika terjadi adanya angin kencang diusahakan untuk berada ditempat terbuka dan menjauh dari bangunan atau pohon besar.

“Untuk saat ini cuaca itu memang sulit diprediksi, dan puting beliung salah satu bencana yang tidak bisa kita lakukan prediksi, jadi tetap waspada dan menjauh dari bangunan jika terjadi angin,” pungkasnya. (*)