Wapres Ma’ruf Amin Jadi Pelaksana Tugas Presiden Gantikan Jokowi

Mitrapost.com – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menjadi pelaksana tugas (Plt) Presiden Indonesia lantaran Presiden Joko Widodo sedang berada di Eropa dalam rangka kunjungan kerja ke Ukraina dan Rusia.

Hal tersebut ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

Dalam Keppres Nomor 2 Tahun 2022 itu disebutkan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab.

Presiden Jokowi bertolak dari Indonesia pada Minggu (26/6) lalu dan akan kembali ke Indonesia pada 2 Juli nanti. Wapres Ma’ruf Amin pun ditugaskan menjadi Plt Presiden RI hingga Presiden Jokowi kembali.
“Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air,” demikian bunyi diktum Kesatu Keppres 2/2022, seperti dilihat detikcom, Selasa (28/6/2022).