Jelang Iduladha, DKPP Klaten Imbau Masyarakat Beli Hewan Kurban Lokal

Klaten, Mitrapost.com – Jelang Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban lokal.

Hewan kurban dengan kualitas terbaik pun menjadi incaran masyarakat saat Iduladha, terutama di masa wabah PMK yang masih merebak di sejumlah daerah Indonesia.

Oleh karenanya, DKPP kabupaten Klaten menyampaikan imbauan bagi masyarakat untuk memilih hewan kurban tetap aman di tengah wabah PMK.

Kepala DKPP Klaten, Widiyanti mengatakan, dengan kondisi saat ini, masyarakat diminta untuk memberdayakan peternak lokal. Sehingga masyarakat mendapatkan jaminan ternak yang sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

“Tidak perlu mencari sampai keluar daerah, cukup dari peternak lokal saja. Bisa langsung memastikan bagaimana kondisi hewan ternak yang akan dibeli,” ungkapnya kepada Tim Liputan Diskominfo Klaten, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga :   Torehkan Prestasi, Atlet Panahan Asal Klaten Berlaga di Olimpiade Tokyo

Untuk memperoleh hewan kurban lokal, masyarakat bisa menghubungi peternak terdekat di sekitar wilayah tempat tinggal, mulai dari lingkup desa hingga kecamatan.

Dengan melakukan pembelian hewan kurban lokal, dinilai lebih aman dan dapat memberdayakan para peternak lokal.

“Yang jelas pilih yang sehat, mulai dari yang terdekat. Kalau ada di wilayah RT/RW, cukup beli di sana, lebih jauh lagi di tingkat desa, paling jauh di tingkat kecamatan. Berdayakan peternak lokal, selain jelas kondisi hewan ternaknya juga lebih aman karena meminimalisasi penyebaran PMK,” paparnya.

Selama Iduladha, Pemkab Klaten telah mengizinkan pusat penjualan hewan ternak atau pasar hewan kembali beroperasi. Sehingga masyarakat mudah mendapatkan hewan ternak yang dibeli untuk keperluan ibadah kurban saat Iduladha nanti.

Baca Juga :   Kemenag Rembang Pastikan Salat Iduladha Dilakukan di Rumah

Akan tetapi, hanya hewan ternak lokal yang diizinkan untuk diperjualbelikan di pasar hewan, sementara untuk hewan ternak dari luar Klaten masih dilarang untuk masuk. Diperkirakan jumlah ternak sapi dan kambing sehat di Kabupaten Klaten cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha nanti. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral