oleh

Penuhi Kuota Barista, Pati Gelar Pelatihan 200 Jam Pengolahan Kopi Hulu Sampai Hilir

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Pelaksana Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati menggelar program pendidikan kecakapan wirausaha jenis keterampilan barista.

Acara ini berlangsung sejak 6 Juni dan berakhir pada 12 Agustus 2022.

Pemateri dalam pelatihan ini diambil dari tokoh komunitas Klaster Kopi Pati, Komunitas Barista Nasional dan Komunitas UMKM. Sementara, 20 peserta diambil dari siswa didik SKB Pati.

Muttaqin selaku Ketua Klaster Kopi Pati sekaligus  pemateri dalam acara tersebut mengatakan Kabupaten Pati masih kekurangan tenaga barista profesional.

Hadirnya acara itu sekaligus merespon keluhan dari pegiat coffee shop di Pati terkait permasalahan tersebut.

“Kami ingin mencari generasi barista. Kita di-request pemilik  kafe dan coffee shop di Pati yang hampir 80 persen kekurangan tenaga barista. Output-nya kegiatan ini, kopi Pati bisa makin dikenal dan bisa disajikan barista profesional,” kata Muttaqin saat diwawancarai awak media di sela acara, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga :   Meski Pandemi Belum Usai, Usaha Kafe Menjamur di Pati 

Oleh karenanya, pelatihan digelar cukup detail. Tak tanggung-tanggung event ini berlangsung 50 kali pertemuan dengan durasi empat jam per pertemuan. Dengan total durasi pelatihan 200 jam.

Tidak hanya diajari menjadi barista, para peserta juga dilatih pengolahan kopi dari hulu sampai hilir. Dari budidaya, proses pengolahan pasca panen, proses roasteri, sampai penyajian menu.

“Ada 16 menu yang akan dipelajari peserta siswa didik. Program ini dari Kemendikbud untuk siswa putus sekolah. Usia 14-24 tahun dengan kriteria NIK tidak terdaftar di Dapodik,” imbuh pria pemilik brand Kopi Jowo itu.

Para peserta yang merampungkan latihan nantinya akan diberikan sertifikat kompetensi dan dicarikan tempat kerja.

Baca Juga :   Foto : Kemenag Pati Program Bantuan Pokja Masih dalam Proses

Onica, salah seorang peserta dari Kragan, Pati Kota mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan intensif tersebut.

Usai pelatihan ini, ia akan melamar pekerjaan di coffee shop dan bercita-cita menjadi pengusaha kopi sendiri.

“Awalnya pengen kerja di coffee shop setelahnya mau bikin sendiri. Kalau menurut saya menarik juga karena kopi masa yang akan datang semakin booming,” ujar dia. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar