Jokowi Jadi Presiden Asia Pertama Berkunjung ke Ukraina

Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi presiden dari Asia pertama yang mengunjungi Ukraina setelah invasi terjadi.

“Jadi Presiden Jokowi adalah kepala negara pertama dari Asia dan kepala negara dari Gerakan Nonblok yang mengunjungi Ukraina. Dan yang makin istimewa kunjungan dilanjut ke Rusia,” kata Koordinator Stafsus Jokowi, Ari Dwipayana, dikutip dari Detik News pada Rabu (29/6/2022).

“Misi perdamaian ini adalah bagian dari tanggung jawab Indonesia sebagai negara yang memegang keketuaan G20 dan juga secara historis menjadi pendiri Gerakan Nonblok, perintis Konferensi Asia Afrika yang harus menyuarakan kepentingan negara-negara Asia-Afrika dan Amerika Latin,” tambah Ari.

Perlu diketahui sebelumnya, sejumlah pemimpin Eropa telah berkunjung ke Ukraina diantara yaitu PM Italia Mario Draghi, PM Inggris Boris Johnson, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Baca Juga :   Istri Ridwan Kamil Sebut Jenazah Eril Utuh dan Tersenyum

Ari pun menyebut perjalanan ke Ukraina dan Rusia adalah langkah diplomasi yang tidaklah mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati