Komisi VI DPR Dorong Perhutani Lakukan Transformasi Digital

Kemudian, Perum Perhutani juga diminta meningkatkan sinergi dengan BUMN-BUMN di bidang perkebunan dan pangan, yaitu PT Perkebunan Nusantara Group dan PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food.

“Untuk meningkatkan produktivitas sektor perkebunan dan kehutanan nasional serta mewujudkan ketahanan pagan nasional. Perun Perhutani perlu melakukan percepatan intergrasi bisnis dari hulu ke hilir dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan kinerja perusahaan,” imbuhnya.

Perum Perhutani juga diminta berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk memastikan status dan luas kawasan yang dikelola oleh perusahaan dalam rangka mencegah pengambilalihan kawasan yang dikelola oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

“Perum Perhutani juga perlu untuk menyusun strategi mitigasi resiko terkait implementasi kebijakan Kawasan Hutan Dengan Pengelolaan Khusus (KHDPK) dalam rangka meminimalisasi dampak kebijakan tersebut terhadap kinerja perusahaan,” ungkap Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).