oleh

Pembelian Pertalite Harus Gunakan Aplikasi MyPertamina, Sudahkah Berlaku di Pati?

Pati, Mitrapost.com – Pemberlakuan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diterapkan oleh pihak PT Pertamina (Persero), untuk pembelian BBM kategori bersubsidi seperti Pertalite, akan dimulai 1 Juli 2022 dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Hadi Santosa Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati mengatakan, tahap pertama kebijakan tersebut berlaku di 11 wilayah yang berada di lima provinsi. Akan tetapi, Kabupaten Pati belum termasuk dalam pemberlakuan tersebut.

“Pemberlakuan pembelian Pertalite dengan menggunakan MyPertamina belum diberlakukan di wilayah Pati, mungkin itu baru di ujicobakan di beberapa wilayah saja,” ucap Hadi Santosa, saat ditemui langsung di kantornya, Jumat (1/7/2022).

Akan tetapi, walaupun belum diberlakukan di Kabupaten Pati, Hadi Santosa menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian pertalite akan diberlakukan di skala Nasional.

Baca Juga :   Karang Taruna Krida Kedalingan Bagikan 500 Takjil Gratis untuk Pengguna Jalan

“Wacana ini sebenarnya berlaku secara Nasional, ya suatu saat nanti pasti akan mengarah ke Kabupaten Pati, walaupun saat ini belum,” jelasnya.

Di sisi lain Hadi Santosa menjelaskan, alasan MyPertamina belum diberlakukan di Kabupaten Pati, lantaran kebanyakan SPBU di Pati belum siap dengan penerapan kebijakan baru tersebut.

Penggunaan aplikasi MyPertamina menurut Hadi Santosa, secara garis besar adalah untuk mengamankan konsumsi BBM, karena BBM khususnya Pertalite untuk pasokan di Kabupaten Pati sudah diberlakukan pembatasan.

“Kalau menurut saya, daripada nanti akan timbul kelangkaan BBM, memang harus diatur dan dibatasi kuotanya,” tandas Hadi. (*)