Pengamat Hubungan Internasional Menilai Misi Jokowi ke Rusia Sia-sia

Jakarta, Mitrapost.com – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Dinno Patti Djalal menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tak menemukan langkah yang solutif.

Ia menyampaikan bahwa langkah Jokowi ke Ukraina dan Rusia belum ada terobosan untuk menuju misi perdamaian.

“Menurut saya kalau ukurannya adalah misi perdamaian, maka kita harus jujur menyatakan kunjungan (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia ini belum mencapai terobosan,” ungkap Dinno pada Jumat (1/7/2022) lalu.

Penilaian tersebut berdasarkan pada respons Jokowi usai membahas misi perdamaian ketika bertemu  Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Zelensky meminta Jokowi untuk menyampaikan pesan tersebut kepada Putin.

Baca Juga :   Ini Poin Jokowi Kenapa Indonesia Butuh UU Cipta Kerja

“Zelensky juga menyatakan menghargai posisi dan sikap dan upaya Presiden Jokowi ya,” imbuhnya.

Namun hal serupa tak tergambar saat Jokowi bertemu Presiden Rusia di Istana Kremlin, Moskow.

“Presiden Putin dalam Konferensi pers sama sekali tidak menyebut mengenai misi perdamaian dan yang dirujuk hanya mengenai hubungan ekonomi Indonesia-Rusia,” ungkap pengamat hubungan internasional tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati