Tahun 2023, Kabupaten Pati Diprediksi Krisis Tenaga Kerja

Pati, Mitrapost.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati memprediksi bahwa di tahun 2023 mendatang, Kabupaten Pati akan mengalami krisis tenaga kerja. Hal tersebut disebabkan karena adanya rekrutmen besar-besaran oleh pabrik asing yang beroperasi tahun ini.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Pati Bambang Agus Yunianto menyebutkan, angka pengangguran di Kabupaten Pati tahun ini mencapai 9600 orang. Sedangkan total pencari kerja yang terdata di kantor Disnakertrans hingga akhir bulan Juni 2022 sebanyak 4.449 orang.

Sementara tenaga kerja yang dibutuhkan dua pabrik luar negeri yang baru, totalnya hingga belasan ribu naker.

Dijelaskannya, Pabrik HWI di Batangan secara bertahap akan melakukan rekrutmen sebesar 15 ribu pegawai, dimulai bulan Agustus mendatang.

Baca Juga :   Pati Miliki PR Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di 23 Desa

Kemudian PT. Sejin Indonesia, pabrik sepatu yang beroperasi di Kecamatan Margorejo juga merencanakan akan merekrut 2 ribu pegawai tambahan tahun depan.

“Dengan adanya pabrik berdiri di Pati ini otomatis berkurang penganggurannya. Kalau pabrik HWI nasional merekrut 15 ribu orang kita masih kekurangan tenaga. Total kita ada 9.600 pengangguran di Pati. Habis kita,” kata Agus kepada Mitrapost.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati