Kirab Kebudayaan dan Berbagai Rangkaian Adat Jawa Meriahkan Khaul Ki Ageng Imam Puro ke-16

Perlu diketahui, seniman jathilan didatangkan dari Laras Guntur Manunggal, Sleman. Mereka hadir bersama rombongan cucu Mbah Demang Cokrodikromo yang masih memiliki garis keturunan dengan Ki Ageng Imam Puro, Dewi Larasati Asrori Aidapati.

Kali ini Dewi Larasati Asrori Aidapati yang lebih diakrab disapa Ida berperan sebagai pawang. Selain itu, keberadaanya pada momen ini cukup penting, pasalnya Ida diutus secara langsung oleh kasepuhan untuk menguri-uri Makam Ki Ageng Imam Puro.

Kirab Kebudayaan dan Berbagai Rangkaian Adat Jawa Meriahkan Khaul Ki Ageng Imam Puro ke-16

Di acara Khaul Ki Ageng Imam Puro ke-16, ia pun ditugasi memberi pusaka sebagai simbol menguri-uri makam peninggalan leluhurnya.

“Saya sebagai cucu Mbah Demang Cokrodikromo dari Yogyakarta yang masih ada hubungan darah dengan Ki Ageng Imam Puro mendapat tugas nguri-uri makam sini karena saya diutus kasepuhan,” ucapnya kepada Mitrapost.com.

Baca Juga :   Dispertan Pati Pastikan Penjualan Tembakau Berjalan Baik

Ia menambahkan adanya acara ini demi melestarikan kebudayaan dan kesenian yang sudah luntur. Apalagi selama tiga tahun belakangan acara adat ini sempat vakum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati