oleh

Dispertan Pati Pastikan Penjualan Tembakau Berjalan Baik

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan menjembatani para petani tembakau dalam proses penjualan hasil produk pertanian.

Kabid Perkebunan Dispertan Pati, Gunawan, mengatakan untuk mendukung budidaya tembakau pihaknya memfasilitasi para petani dengan bantuan sarana dan prasarana. Selain itu juga bekerjasama dengan perusahaan PT. Sadana Arif Nusa yang berlokasi di Rembang sebagai mitra jual-beli tembakau dari para petani.

“PT. Sadana Arif Nusa menjadi perusahaan yang bermitra dengan petani tembakau Pati. Terutama dalam hal jual-beli tembakau,” ujarnya, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Dispertan Pati Serahkan Bantuan Alat Transportasi Bagi Petani Tembakau

Hal itu untuk menjamin keberlangsungan petani agar tidak mengalami kerugian dan memotong rantai distribusi dari tengkulak.

“Artinya dengan kemitraan tersebut, kita ada jaminan penjualan tembakau secara jelas,” imbuhnya.

Selain itu, kemitraan tersebut dibentuk demi memberikan bantuan berupa program pembimbingan teknis kepada petani tembakau. Mulai dari pembibitan, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan pasca panen tembakau sampai dengan penjualan.

Menurut Gunawan, kemitraan tersebut agar awal jerih payah yang dilakukan petani dari mulai pembibitan hingga penjualan terbeli dengan harga yang setimpal.

Baca juga: Sederet Tantangan Petani Tembakau di Rembang

Lahan perkebunan tembakau di Pati tersebar di sejumlah daerah, diantaranya Kecamatan Pucakwangi, Jaken, Jakenan, dan Kecamatan Sukolilo.

Selain tembakau, Dispertan Pati saat ini juga fokus dalam budidaya tanaman tebu, kopi, dan kelapa kopyor.

“Bidang kami mengarahkan petani melakukan budidaya sepanjang pasarannya jelas. Kami berupaya memanfaatkan prospek tersebut,” tegas Gunawan.

Dispertan Kabupaten Pati sangat memperhatikan progres pembudidayaan tanaman semusim tersebut. Yakni dengan memberikan subsidi sarana dan prasarana pertaniannya maupun upaya pendampingannya. (Adv)

Baca juga: Upah Buruh Diatas Rata-Rata Nasional, Pati Kekurangan Petani Muda

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Berita Terkait