LAZ Sefa Pati Bagikan 3 Ribu Paket Daging Kurban ke Kaum Dhuafa

Pati, Mitrapost.com – Lembaga Amil Zakat Senyum Dhuafa (LAZ Sefa) Kabupaten Pati membagikan tiga ribu paket daging kurban kepada masyarakat dhuafa di Pati.

Ribuan paket daging tersebut adalah hasil sembelihan dari 10 sapi dan 5 ekor kambing yang terkumpul dari para donatur tetap LAZ Sefa. Dimana satu paket daging ditaksir seberat 300 gram.

Direktur LAZ Sefa, Suparman Alfatih mengatakan, selain merayakan hari raya Iduladha 1443 hijriah, penyembelihan kurban tersebut juga diharapkan mampu meringankan beban masyarakat dhuafa di masa pandemi Covid-19 yang masih belum usai.

“Tahun ini kita mengambil tema Kurva “kurban untuk dhuafa” jadi ini kaitannya masih dalam masa Covid-19 yang masih terasa di masyarakat. Perekonomian menurun, ini Ditambah malah ada PMK untuk kalangan masyarakat peternak,” ujarnya Senin (11/7/2022).

Baca Juga :   Kartu Nikah Digital Sudah Hadir di Pati

Guna memastikan keamanan hewan yang disembelih, hewan ternak yang dibeli dipastikan sudah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan surat keterangan sehat.

“Alhamdulilah kita didampingi dokter hewan dan beliau yang memilihkan. Usia kesehatan nomor satu,” terang Suparman.

Selain itu, panitia juga tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging, melainkan memanfaatkan daun jati dan besek. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi limbah sampah plastik yang tidak ramah lingkungan selama masa kurban.

Suparman mengaku, meski wabah Penyakit Kuku Mulut (PMK) sudah merebak di Kabupaten Pati, pihaknya masih mudah mendapatkan hewan sembelihan. Stok hewan ternak di petani masih aman, terlebih adanya pembatasan kirim hewan ternak ke luar daerah.

Baca Juga :   Tuai Banyak Kritik Lantaran PSG Pati Akuisisi Klub Futsal, Ini Tanggapan Safin

“Kalau masyarakat sepertinya tidak terlalu pengaruh dengan PMK.  Biasanya malah dikirim keluar, jadi stok di petani kita cukup. Kita Sabtu (9/7) masih mendapatkan kurban,” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral