oleh

Seluruh Jemaah Haji Demak Sudah Tiba di Indonesia, 1 Meninggal di Tanah Suci

Demak, Mitrapost.com – Seluruh jemaah haji kabupaten Demak yang ikut kloter 6 dan 7 sudah tiba di Indonesia.

Adapun kedatangan jemaah haji kloter 6 pada hari Selasa, 19 Juli 2022 tiba di Donohudan Solo pukul 05.00 WIB (Subuh), kemudian tiba di Demak pada pukul 12.00 WIB. Sementara untuk jemaah kloter 7 pada hari Rabu, 20 Juli 2022 tiba di Donohudan Solo pukul 12.25 WIB, kemudian tiba di Demak pukul 17.15 WIB.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Demak Sujati, dari total jemaah tersebut, terdapat 1 orang yang meninggal dunia di tanah suci.

“Ada yang meninggal satu pak Romdhon dari Karangrejo, beliau meninggal pada saat melempar jumroh di Mina. Karena setelah balang jumroh aqobah, sepulangnya beliau ada sesak – sesak karena jantung, kemudian meninggal,” Jelasnya.

“Alhamdulillah kami dengan para kantor sudah ke rumah duka hari Senin lalu, karena meninggalnya hari Sabtu bertepatan dengan pelaksaan Iduladha. Kami sudah sampaikan bela sungkawa dan air zam – zam langsung kami berikan kepada keluarganya,” Ungkapnya.

“Untuk karangan bunga Insyallah kami akan berikan hari ini karangan bunga dari menteri agama Gus Yaqut (H Yaqut Cholil Qoumas), Insyallah pagi ini,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa jemaah haji yang kembali ke Kabupaten Demak sebanyak 271 jemaah (kloter 6) dan sebanyak 324 jemaah (kloter 7).

“Kedatangan di hari Selasa pada kloter 6 meliputi dari Demak sebanyak 271 jemaah, dari Grobogan 85, dan 4 dari petugas. Sementara untuk hari Rabu, kloter 7 dari Demak 324 jemaah, 32 dari Kudus, dan 4 petugas. Sedangkan untuk kloter 8 tidak banyak tahu karena itu jamaah dari Kudus,” Terangnya.

Dengan adanya pengurangan jamaah haji yang seharusnya pada saat tahun 2020 itu 1.632 jemaah, sehingga pada tahun 2022 ini hanya 595 jemaah tidak dapat berangkat karena kuota terbatas.

Ia juga berharap, untuk keberangkatan haji di tahun-tahun mendatang bisa semakin sempurna.

“Harapan kami yang kemarin tidak bisa berangkat karena kuota terbatas, sehingga besok harapan kami bisa sempurna, dan juga untuk lansia atau tua pun bisa berangkat haji. Lebih – lebih nanti kuotanya di tambah oleh Arab Saudi sehingga yang menanti sampai sekarang ada yang 33 tahun ini bisa sedikit – sedikit bisa agak maju, semoga saja bisa terlaksana dengan baik,” Pungkasnya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral