Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus yang Wajib Diketahui, Simak Ulasannya

Mitrapost.comMahasiswa seringkali disebut-sebut sebagai agen perubahan atau agent of change. Artinya, selain mahasiswa menjalani perkulihan di bidang akademik, mahasiswa juga musti menjadi inisiator perubahan di Indonesia.

Bila flashback ke belakang, sejarah mencatat mahasiswa pernah menurunkan Presiden Soeharto di era Orde Baru pada 1998.

Dengan aksinya menduduki Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), mahasiswa bisa meruntuhkan sebuah sistem pemerintahan yang dipimpin rezim otoriter selama 32 tahun lamanya.

Kondisi itu mencerminakan mahasiswa mampu unjuk gigi dalam revolusi Indonesia.

Mahasiswa dapat menyalurkan proses aktualisasi dirinya melalui organisasi. Salah satu organisasi yang cocok untuk mengasah pola piker mahasiswa sebagai lokomotif perubahan adalah organisasi mahasiswa ekstra kampus (OMEK).

Baca Juga :   SMA N 2 Blora Jadi Sekolah Eco Wisata

Dulunya, OMEK sempat dilarang dengan berdasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 26/DIKTI/KEP/2002 Tentang Pelarangan Organisasi Ekstra Kampus Atau Partai Politik Dalam Kehidupan Kampus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati