Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Mitrapost.com – Banyak orang penasaran mengenai rahasia umur panjang orang Jepang dikenal sebagai negara dengan banyak populasi orang yang hidup hingga usia 100 tahun lebih atau disebut sebagai centenarian, tepatnya di Okinawa.

Hal inilah yang kemudian menjadikan gaya hidup orang Jepang banyak ditiru dan dijadikan patokan. Penelitian yang dilakukan oleh Dan Buettner pernah mengungkapkan mengenai rahasia umur panjang orang Jepang. Ia menemukan bahwa orang-orang yang berumur panjang di Jepang memiliki kesamaan hobi yaitu berkebun hingga usia tuanya.

Ternyata, hobi berkebun memiliki peran dalam membuat orang menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, berkebun juga membuat orang menjadi lebih bahagia dan pada akhirnya membuat mereka bisa hidup lebih lama.

Baca Juga :   Doa, Amalan dari Para Alim Ulama agar Lulus Ujian CPNS dan PPPK

Menurutnya, hal ini bukan kebetulan dan ada banyak penelitian yang membuktikan jika berkebun memang meningkatkan kesejahteraan dan umur panjang.

Alasan mengapa berkebun menjadi rahasia umur panjang orang Jepang adalah sebagai berikut.

Bagian dari olahraga

Berkebun membutuhkan aktivitas fisik yang manfaatnya bisa setara dengan olahraga. Menurut Richard Thompson, seorang peneliti di Royal College of Physicians London, mengungkapkan bekerja di kebun melatih ketangkasan dan kekuatan, dan latihan itu membakar jumlah kalori yang sama seperti yang dikeluarkan di gym.