NJOP Pati Tahun Depan Tidak Naik, Namun Ada Penyesuaian

Pati, Mitrapost.com – Udhi Harsilo, Kepala Bidang PBB-P2 dan BPHTB kantor Bandang pengelolaan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) mengatakan bahwa tidak ada kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP) PBB-P2 tahun depan.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir, 2021 dan 2022 NJOP PBB-P2 Kabupaten Pati dinaikkan hingga 1-3 kelas.

Meski tidak ada kenaikan NJOP, BPKAD akan tetap melakukan upgrade atau penyesuaian objek pajak untuk memastikan pajak yang dibayar masyarakat berlaku objektif.

“Untuk PBB kita tidak ada kenaikan, tapi kita sesuaikan. Dengan mengerahkan tim survey kita berikan pengurangan agar masyarakat tidak keberatan,” ujar Udhi saat ditemui di kantornya kemarin.

Penyesuaian NJOP tidak hanya berakibat pada naiknya besaran pajak yang dibayar, melainkan juga bisa mengurangi tanggungan bayar pajak PBB.

Baca Juga :   Polres Pati Amankan Pengedar dan Peserta Pesta Narkoba di Dua Desa Kabupaten Pati

“Misalkan nilai ranah hanya Rp10 ribu namun realitanya Rp300-500 ribu kita sesuaikan NJOPnya. Rp10 ribu jadi 300 ribu ada perhitungannya. Dan sebaliknya NJOP juga bisa juga berkurang,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati