7 Tips Menjalankan Ibadah Umroh Bagi Pemula, Dijamin Aman

Ibadah Umroh merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam yang memerlukan persiapan cukup matang. Terlebih ketika umroh menjadi pengalaman baru yang membutuhkan ilmu dan tips lebih untuk melakukan ibadah tersebut. Sehingga tidak menyebabkan kebingungan ketika melakukannya untuk pertama kali.

Umroh adalah suatu ibadah sunnah yang dilakukan di Masjidil Haram atau kota Makkah. Umroh kerap juga disebut sebagai “Haji Kecil”. Ibadah umroh hampir sama dengan haji. Perbedaannya adalah ibadah umroh hanya melakukan tawaf atau memutar Ka’bah sebanyak tujuh kali, lalu Sai atau berlari kecil antara bukit Shafa dan Marwah, yang kemudian diakhiri dengan memotong sebagian rambut kepala.

Sebelum berniat melakukan ibadah umroh maka seseorang harus memenuhi syaratnya, yaitu :

  1. Beragama Islam
  2. Aqil baligh
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Merdeka atau bukan merupakan budak
  5. Mampu secara fisik, finansial dan memiliki cukup ilmu
Baca Juga :   Pengacara Bharada E Mengundurkan Diri, Begini Isi Pernyataannya

Banyak sekali yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan ibadah haji atau belum siap kemudian memutuskan untuk terlebih dahulu beribadah umroh. Bagi yang belum pernah ibadah umroh tentunya bingung mengenai apa saja yang harus dipersiapkan. Selain menyiapkan hati dengan yakin juga harus menyiapkan perlengkapan lainnya. Berikut ini tips umroh untuk pemula :

  1. Bekali Diri dengan Informasi Seputar Ibadah Umroh

Persiapan pertama sebelum menunaikan ibadah umroh adalah dengan mempelajari serta memperdalam pengetahuan dan informasi seputar ibadah umroh. Saat menjalankan ibadah umroh, terdapat persyaratan umroh yang harus dipenuhi serta larangan-larangan yang perlu dipatuhi sehingga penting untuk membekali diri dengan segala informasi mengenai tata cara ibadah umroh.

  1. Persiapkan Dokumen

Dokumen merupakan persyaratan penting untuk mendaftar ibadah umroh. Selain kartu identitas dan paspor, visa umroh merupakan dokumen wajib lainnya yang harus dipersiapkan. Umumnya, pembuatan visa umroh di Kedutaan Besar Arab Saudi akan dibantu oleh agen dan travel yang menyediakan jasa paket ibadah umroh.