Ketua DPR Puan Maharani Kritik Kinerja ASN

Jakarta, Mitrapost.com – Ketua Dewan Perwakialn Rakyat Indonesia (DPR RI) Puan Maharani mengingatkan pentingnya penguatan kualitas karakter Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Ia turut menyentil sikap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sering membenarkan hal-hal yang biasa dilakukan, bukan sebaliknya.

Ia menyebut, saat ini jumlah ASN lebih dari 3,9 juta. Menurutnya perlu ada reformasi birokrasi yang dijalankan para ASN, supaya ASN mampu menjadi kekuatan da;am mempercepat kemajuan Indonesia.

“Aparatur Sipil Negara harus meninggalkan sikap membenarkan yang biasa dan mulai dengan semangat baru yaitu membiasakan yang benar,” ujar Puan dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung MPR DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Ia juga menyampaikan, dalam mempercepat capaian kemajuan Indonesia, selain pemulihan sosial dan ekonomi nasional, maka agenda strategis ke depan perlu memperkuat dan mempertajam upaya-upaya yang diarahkan pada pembangunan kualitas dan karakter nasional manusia Indonesia, pembangunan kedaulatan pangan nasional, penguatan industri nasional, pemerataan pembangunan infrastruktur, serta reformasi birokrasi yang nyata.