oleh

Pra Tahapan Verifikasi, KPU Pati Kumpulkan Parpol Calon Peserta Pemilu

Pati, Mitrapost.com – KPU Kabupaten Pati, Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi Tahapan verifikasi partai politik calon peserta pemilihan umum anggota DPR dan DPRD 2024, Selasa (16/8/2022).

Selain partai-partai peserta pemilu, acara ini juga turut dihadiri oleh sejumlah OPD dan sejumlah stakeholder strategis.

Acara yang digelar di Aula KPU Pati tersebut membahas tindak lanjut agenda pendaftaran hingga persiapan tahapan verifikasi Parpol.

Hasil verifikasi Parpol akan dilaporkan ke KPU RI untuk selanjutnya diklarifikasi oleh Parpol terkait.

Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan menjelaskan, uji coba verifikasi administrasi Parpol akan dilakukan tanggal 17 Agustus, sementara verifikasi dilakukan 18 Agustus mendatang.

Proses verifikasi yang diselenggarakan di tingkat Kabupaten Kota berkaitan dengan sejumlah kesesuaian data seperti KTP dan KTA yang diinput dalam SIPOL.

Baca Juga :   Kegiatan Keagamaan Tetap Diperbolehkan dengan Prokes Lebih Ketat

“Harapannya kegiatan hari ini kita sampaikan kepada partai politik dan stakeholder masyarakat apa yang dikerjakan KPU dan apa yang harus dilakukan Parpol. Sehingga dalam proses verifikasi administrasi,” ujar Imbang kepada awak media, Selasa (16/8/2022).

Pencermatan data tersebut berkaitan dengan penggandaan data dan pemeriksaan daftar anggota partai yang tidak termasuk TNI, POLRI, dan PNS.

Sebelumnya diberitakan, pendaftaran pemilu dibuka sejak Senin (1/8/2022) hingga Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB telah berakhir.

Hingga akhir pendaftaran, dari 75 Parpol yang terdaftar di Kemenkumham, 43 diantaranya mengajukan mendapatkan akses Aplikasi SIPOL.

Setelah masa pendaftaran didapatkan 40 Parpol dipastikan lolos bisa mengikuti pemilu tahun 2024. (*)

Baca Juga :   PGN Makoda Pati dan PMI Bersinergi Gelar Donor Darah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral