Pulihkan Ekonomi UMKM, Pemkot Pekalongan Gelar Pesta Rakyat BATARA

Pekalongan, Mitrapost.com – Sebagai upaya untuk memulihkan kembali perekonomian, terutama di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pemerintah kota Pekalongan menggelar pesta rakyat Barat Tambah Rahat (BATARA).

Pesta rakyat BATARA digelar pada tanggal 15-28 Agustus 2022 di Lapangan Peturen, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Camat Pekalongan Barat, M Taufiqu Rochman menjelaskan bahwa, Pesta Rakyat BATARA akan dilakukan soft launching pada Selasa sore, 16 Agustus 2022.

Event ini juga digelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 Tahun 2022 dan sebagai upaya pemulihan ekonomi bagi para pelaku UMKM pasca dilonggarkannya sejumlah kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, tahun 2022 ini kegiatan masyarakat sudah mulai dilonggarkan, dimana 2 tahun belakangan pandemi Covid sejumlah pembatasan adanya PPKM membuat ekonomi lesu dan pelaku UMKM cukup berdampak pada saat itu. Sehingga, kami ingin meningkatkan perekonomian khususnya di bidang UMKM yg ada di Kecamatan Pekalongan Barat,” tutur Taufiq saat ditemui di Lapangan Peturen, Senin sore (15/8/2022).

Baca Juga :   PTM 100 Persen di Pekalongan Masih dalam Tahap Pengkajian

Ia juga menambahkan bahwa pesta rakyat BATARA akan diramaikan dengan sejumlah acara. Seperti diantaranya adalah pasar malam, festival kuliner, serta stand dan expo dari kelurahan, UMKM, stakeholder terkait.

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Lomba Cerdas Cermat yang akan berlangsung pada 18-19 Agustus di Aula Kecamatan Pekalongan Barat, serta turnamen Mobile Legend untuk kalangan milenial.

Sedangkan untuk tanggal 19, akan digelar kegiatan komunitas Tamiya.

Sebagai informasi, untuk memasuki area pesta rakyat BATARA, tidak dipungut Harga Tiket Masuk (HTM).

Akan tetapi, bagi pengunjung yang hendak menaiki wahana, maka akan dikenakan biaya berdasarkan wahana yang dinaiki.

“Terkait masalah pengamanan di area ini juga, kami sudah berkoordinasi dengan Polsek Pekalongan Barat dan Koramil Pekalongan Barat untuk menerjunkan personel jaga dari Tri Pilar yakni dari petugas Trantib kelurahan/kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas secara bergilir bertanggungjawab untuk memonitoring pelaksanaan kegiatan ini agar bisa berjalan lancar, aman, dan tertib. Sehingga, animo masyarakat untuk datang kesini juga bisa tinggi,” tandasnya. (*)

Baca Juga :   Kenalkan Warisan Budaya Batik Sejak Dini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral