Harga BBM Diharapkan Tidak Naik, Begini Dampak Dahsyatnya

Mitrapost.com – Kabar berkenaan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi semakin santer terdengar. Diketahui bahwa pemerintah akan menaikkan harga BBM jenis Pertalite pada minggu depan.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi. Ia menyampaikan Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kenaikan BBM subsidi pada minggu depan.

Sementara itu. Fahmy Radhi selaku Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada mengatakan anggaran APBN kiang membengkak untuk subsidi energi. Pemerintah saat ini tengah mengkomunikasikan kenaikan harga BBM jenis Pertalite dan solar.

“Namun, opsi penaikan harga BBM subsidi bukanlah pilihan yang tepat saat ini. Alasannya, kenaikan harga Pertalite dan Solar, yang proporsi jumlah konsumen di atas 70%, sudah pasti akan menyulut Inflasi,” tutur Fahmy, dikutip dari Detik News, pada Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga :   Mucikari ABG Jadi Tersangka Open BO di Jakbar

Ia menyampaikan kenaikan BBM jenis pertalite nantinya dapat mencapai Rp 10.000 setiap liter. Dimana kontribusi inflasi diperkirakan mencapai 0,97 persen. Kemudian inflasi tahun berjalan hingga 6,2 % yoy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati