oleh

Awas Cacar Monyet !! 5 Cara Atasi Penularannya

Mitrapost.com – Penyakit cacar monyet baru – baru ini sedang ramai diperbincangkan oleh pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bagaimana tidak, ditengah – tengah menurunnya covid-19  di dunia, WHO kembali menerima laporan dari berbagai negara tentang adanya penyakit cacar monyet. Diketahui penyakit cacar monyet ini sudah meluas ke 12 negara non endemis yang berada di dalam 3 regional WHO seperti Amerika, Western Pacific, dan Eropa.

Tentu saja hal tersebut membuat negara lain bertanya – tanya, apa itu penyakit cacar air? Bagaimana cara penanganan penyakit  cara air? Menanggapi hal tersebut, tentu saja pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan sedang berupaya untuk menangani pencegahan penyebaran kasus penyakit cacar monyet tersebut.

Cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus Monkeypox yang bersifat Zoonosis. Virus ini termasuk ke dalam gen Orthopoxvirus. Gen tersebut termasuk virus Variola, penyebab adanya penyakit cacar. Awal mula penularan virus ini dari hewan ke manusia dengan cara melalui cakaran, gigitan atau percikan air liur hewan yang terkontaminasi dengan benda. Namun penularan dengan manusia dibutuhkan waktu yang lama.

Meskipun namanya adalah cacar monyet, namun monyet bukanlah penyebab utamanya. Bisa saja disebabkan oleh hewan lain, seperti tupai atau bahkan tikus. Namun demikian, belum ada kepastian mengenai spesifikasinya dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut serta mendalam.

Baca Juga :   Wagub Jateng Bersama Bupati Pati Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Pertama Pati di Donohudan

Meskipun tidak begitu berbahaya, namun kamu juga perlu mewaspadainya. Gejala cacar monyet ini pada umumnya hamper sama dengan cacar biasanya. Biasanya gejala cacar monyet ini akan muncul sekitar 5 sampai 21 hari setelah si penderita terinfeksi virus monkeypox. Penderitanya akan muncul bintil berair seperti cacar pada umumunya. Setelah  itu, bintil akan bernanah dan menimbulkan benjolan.

Selain itu, penderita juga akan merasakan demam, letih, lesu, lemas, menggigil, sakit kepala hingga nyeri otot. Setelah itu akan menimbulkan ruam di wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Jika kamu merasa memiliki gejala seperti di atas, segeralah periksa ke dokter. Meskipun sampai saat ini masih belum ada pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan cacar monyet. Namun, penyakit ini dapat dicegah penyebarannya melalui vaksin cacar (smallpox).

Penyakit cacar monyet ini dapat menyerang siapa saja, baik anak – anak, orang dewasa, lansia, hingga ibu hamil.  Selain itu penderita penyakit kronis dan HIV/AIDS juga akan lebih mudah terserang penyakit ini. Meskipun tingkat kematian penyakit ini relatif rendah, namun kamu perlu berhati – hati dengan adanya virus ini.

Baca Juga :   6 Tips Cegah Cacar Monyet Menurut PB IDI

Hingga saat ini sudah terkonfirmasi ada salah satu masyarakat Indoesia yang terkena penyakit ini. Penyakit ini diderita oleh seorang pasien laki-laki berusia 27 tahun dari DKI Jakarta. Mohammad Syahril selaku Juru Bicara Kementrian Kesehatan mengatakan bahwa penderita tersebut mengalami beberapa gejala cacar monyet, namun masih dalam sakit ringan.

Berikut ini 5 cara yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari penyakit cacar monyet :

  1. Menerapkan Protokol Kesehatan untuk Mengindari Cacar Monyet

Menjaga protocol Kesehatan tentunya harus dilakukan setiap saat, tidak hanya di era pandemic Covid-19 saja. Hal ini justru akan sangat membantu untuk menghambat penularan penyakit cacar monyet. Tetap terapkan 5 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

  1. Hindari Kontak dengan Penderita

Menghindari kontak dengan penderita seperti perpegangan tangan maupun berhubungan seks. Selain itu juga hindai benda – benda yang ada disekitar penderita, seperti tempat tidur. Kamu juga perlu menghindari hewan – hewan yang sakit.

  1. Hindari Berbagi Barang dengan Penderita

Berhenti untuk berbagi barang dengan penderita, seperti handuk, baju, sarung tangan atau barang lainnya. Orang yang terkena penyakit cacar monyet hendaknya melakukan isolasi mandiri agar orang yang disekitarnya tidak tertular.

  1. Hindari Kontak dengan Hewan

Telah dijelaskan dalam artikel di atas, bahwa penyakit monkeypox ini tidak hanya dapat menular dari manusia ke manusia, namun juga dapat menular dari hewan ke manusia. Oleh sebab itu kamu perlu menghindari kontak langsung dengan hewan yang berpotensi menularkan cacar monyet melalui cakaran, giitan atau air liurnya.

  1. Memasak Daging dengan Cara yang Benar dan Matang

Kementrian Kesehatan Indonesia mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi daging yang telah matang dan dimasak dengan benar.

Baca Juga :   Hasil Tracing Semua Negatif, Pati Lolos dari Wabah Cacar Monyet

Demikian 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi penularan penyakit monkeypox. Selalu mencuci tangan setelah dari luar rumah atau menyentuh barang orang lain, terutama setelah menyentuh hewan. Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat agar kamu terhindar dari berbagai macam virus dan kuman. Segera lakukan pemeriksaan ketika gejala cacar monyet telah kamu rasakan, agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral