Harga Telur Tinggi, Dinas Harus Beri Gambaran Situasi Market

Pati, Mitrapost.com – Harga telur ayam di Pasar Puri Baru meroket. Semula harga telur Rp28.000, kini mencapai Rp30.000 per kilogram (kg). Kenaikan harga telur ayam ini terjadi sejak 20 Agustus lalu. Sampai saat ini, harganya stabil diangka Rp30.000 per kg.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno membenarkan harga telur yang saat ini masih mahal. Pasalnya, harga pakan ayam ini juga naik. Sehingga, secara tak langsung harga telur ayam turut melambung.

“ironi sekali peternak telur ini. Harga konsentrat jagung juga naik. Sehingga biaya produksi menjadi mahal,” paparnya.

Kenaikan harga saat ini, lanjut dia, juga karena jumlah populasi ayam petelur menurun. Disebabkan banyak peternak ayam petelur yang mengurangi jumlah populasi ayamnya.

Baca Juga :   Persipa Pati Butuh Suntikan Dana Rp 750 Juta

“Bahkan sepantaun saya ada yang mengosongkan kandangnya karena daya serap telur di masyarakat menurun juga. Penyebab lesunya pasar telur dikarenakan ekonomi di masyarakat juga turun. Terutama masyarakat di sektor pertanian,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati