BPOM Keluarkan Izin Edar Vaksin Qdenga untuk Cegah Merebaknya Virus Dengue

Mitrapost.com – Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin edar untuk vaksin Dengue dengan nama Qdenga, mulai Jumat (9/9/2022).

Sebagai informasi, Qdenga adalah vaksin dengan indikasi dalam pencegahan penyakit dengue yang disebabkan oleh virus dengue di usia 6 hingga 45 tahun.

Vaksin tersebut diproduksi oleh IDT Biologika GmbH Germany. Kemudian dirilis oleh dan terdaftar atas nama Takeda GmbH Germany.

Vaksin Qdenga merupakan vaksin Dengue kedua yang disetujui izin edarnya oleh BPOM pasca Dengvaxia (terdaftar atas nama PT Aventis Pharma).

Menurut BPOM, vaksin Qdenga merupakan jenis Live Attenuated Tetravalent Dengue Vaccine (TDV) yang terdiri atas empat strain virus Dengue.

Antara lain, strain Dengue serotipe 2 attenuated (TDV-2), rekombinan strain Dengue serotipe 2/1 (TDV-1), rekombinan strain Dengue serotipe 2/3 (TDV-3), dan rekombinan strain Dengue serotipe 2/4 (TDV-4).

Baca Juga :   Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Kantor BPOM

Sementara itu, vaksin strain TDV-2 dibuat dari Virus Dengue tipe dua yang dilemahkan (attenuated).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati