Mengenal Batik Bakaran Juwana, Industri Kreatif Masyarakat Lokal

Pati, Mitrapost.com – Batik merupakan karya seni nusantara yang telah mendunia. Ninuk (57) salah seorang pengusaha Batik Bakaran yang ada di Desa Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Jawa Tengah yang sudah turun temurun merintis usahanya mulai dari tahun 2000 hingga sekarang.

Batik ini mampu menarik perhatian para pecinta batik, karena memiliki motif yang khas dan berbeda dengan batik yang lain.

Ninuk mengungkapkan, adapun beberapa motif batik yang diperkenalkan seperti Padas Gempal, Sido Mukti, Satrio, Danliris, Sekar Baru, Blarak Sineret, hingga Daun Irengan.

“Motifnya banyak ini mbak, tergantung pelanggannya pesan dan mau minta motif yang seperti apa nanti baru kita buatkan,” ujarnya saat ditemui Mitrapost.com, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga :   Sudah Paten Milik Kabupaten Pati, Dewan Ajak Masyarakat Populerkan Batik Bakaran

Ninuk mengatakan sudah memiliki banyak pelanggan di berbagai daerah. Pelanggannya berasal dari luar kota maupun di daerah lokal sendiri seperti Trangkil, Juwana, Rembang, Pati, Lasem. Ada pelanggan khusus yang setiap bulan mengambil pesanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati